Hai.. selamat datang di tulisan pertamaku di blog ini, disini aku mau share mengenai pengalaman aku ikut tes SIMAK UI Pascasarjana Program Studi Ilmu Biomedik – Mikrobiologi, Periode pendaftaran 2017/2.

Oke.. langsung aja ya, selamat membaca..

Pertama

Yakinkan diri kalian kenapa pengen lanjutin kuliah S2, Jangan lupa selalu minta doa & dukungan dari Ortu terutama sama mama. Selanjutnya.. berusaha, jangan lupa terus pantengin situs web yang satu ini – https://penerimaan.ui.ac.id. Nah.. ini penting, kalian musti siapin dokumen-dokumen ini sebelum daftar..

  1. Scan Ijasah S1/ D4 yang udah dilegalisir
  2. Scan Transkip Nilai S1/D4 yang udah dilegalisir

Btw.. kenapa kok D4. Iya, soalnya aku tuh dari D4 Analis Kesehatan.. but, setelah diterima bakalan ada Matrikulasi gitu. Apasih Matrikulasi, bisa kok chat aku kalau mau nanya-nanya atau bisa juga via comment di kolom bawah. Kalau sudah lengkap dokumennya, next.. saaatnya mendaftar, Ini dia tata cara pendaftarannya, klik link ini – https://penerimaan.ui.ac.id/page/registration

Cara Pendaftaran

Proses pendaftaran Universitas Indonesia terdiri dari 9 tahap

  1. Membuat account di situs penerimaan UI

    Klik link Buat Account di kanan atas lalu isi formulir yang muncul

  2. Mengunggah foto berwarna ukuran 4×6 cm

    Anda harus mengunggah foto sebelum dapat membuat pendaftaran

  3. Membuat pendaftaran

    Anda dapat login menggunakan username dan password Anda, lalu pilih menu Buat Pendaftaran untuk membuat pendaftaran baru.

  4. Melakukan verifikasi pendaftaran

    Verifikasi dilakukan untuk memastikan Anda telah mengecek bahwa isian formulir pendaftaran dan pilihan program studi Anda telah terisi dengan data yang benar serta telah mengetahui biaya pendidikan untuk program studi yang dipilih

  5. Meng-upload berkas persyaratan pendaftaran

    Khusus untuk pendaftar Program Pascasarjana (S2, S3), Profesi, Spesialis, S1 Ekstensi dan yang memilih S1 Kelas Internasional

  6. Membayar biaya pendaftaran

    Biaya pendaftaran hanya dapat dibayarkan setelah Anda meng-upload foto dan melakukan verifikasi pendaftaran .
    Formulir pendaftaran dan pilihan program studi tidak dapat diubah lagi setelah Anda membayar biaya pendaftaran.

  7. Meng-download kartu ujian masuk

    Kartu ini harus dibawa ketika ujian seleksi masuk

  8. Mengikuti ujian seleksi masuk pada waktu yang telah ditentukan
  9. Setelah mengikuti ujian seleksi masuk, Anda dapat melihat hasil seleksi pada tanggal pengumuman. Keterangan tambahan dapat dilihat pada panduan pendaftaran masing-masing jalur penerimaan di menu sebelah kiri.

Ikutin aja tahapannya biar nggak bingung, untuk poin ke 3 kebetulan aku nggak kasih masuk Skor TPA & Toefl, so.. nggak begitu mempengaruhi hasil kok. Tapi kalau memang mau di kasih masuk lebih baik lagi. Next setelah udah fix milih program studi yang kalian mau, upload berkas terus save. Saatnya kalian membayar biaya pendaftarannya sebesar Rp 750.000 bagi jenjang Magister dan Profesi, Rp 1.000.000 bagi Prodi Psikologi Profesi dan Ilmu Keperawatan. Ini nih tahapannya buat bayar biaya pendaftarannya, langsung aja lihat di link ini – https://penerimaan.ui.ac.id/page/payment

Jangan lupa cetak kartu ujiannya & bawa ketika hari H ujian + kartu identitas yang kalian pake pas pendaftaran, kalau aku sih pake KTP.

Selanjutnya,

Nah.. ini penting banget, kalian musti persiapkan diri buat ngerjain soal-soal TPA + Bahasa inggris. Solusinya banyak-banyaklah belajar & latihan soal-soal TPA + bahasa inggris. Soal TPA SIMAK UI nya terdiri dari soal : Kemampuan Verbal, Kemampuan Kuantitatif, & Penalaran. Kalian bisa juga download dari web SIMAK UI http://simak.ui.ac.id/download-2.html

Btw.. inget TPA mesti inget sama kaka senior yang minjemin buku TPA nya buat latihan gitu katanya biar nggak kaku pas ngerjain soal. Makasih ya kak buat bukunya sangat membantu sekali (Bukan Endorse) πŸ˜€

H-1 Sebelum Tes SIMAK UI

Buat temen-temen yang berasal dari luar Jakarta mending jauh-jauh hari udah cek-cek tiket kereta/ pesawat deh + hotel / penginapan terdekat dari Kampus UI Depok. Pengalaman kemarin cepet banget sold soalnya. Jaga-jaga biar nggak panik aja.. oia jangan lupa buat cek lokasi ujiannya minimal H-1 yaaaa biar pas hari H nggak usah bingung nyari lokasi lagi. Pengalaman kemarin ruangannya sih masih terkunci, so.. nggak bisa lihat deh posisi kursi aku dimana.. tapi gpp intinya tau ruangannya itu dah cukup

Hari H Tes SIMAK UI

Di hari penting ini usahakan jangan terlambat ya.. jangan lupa juga sarapan seadanya, misal makan roti + minum susu. Hal terpentingnya jangan lupa minta doa restu sama Ortu.

Penting nih.. alat tulis yang perlu kalian bawa pas ujian SIMAK UI itu Cuma pensil 2B, pulpen, penghapus, rautan, penggaris, KTP, & kartu ujian. Jangan bawa alat lain karena itu nggak di perbolehkan kecuali yang aku sebutkan tadi. Bahkan jam tangan musti di lepas juga tuh sebelum ujian di mulai, HP, Tablet atau sejenisnya ditaruh dalam tas. Kemudian tas diletakkan di depan dekat meja pengawas. Nah jangan khawatir karena waktunya, biasanya setiap 1/2 jam sekali petugas pengawasnya bakal ngasi tau udah menit keberapa. Btw ini bagian yang paling terpenting adalah, tes TPA SIMAK UI menggunakan sistem benar = +4, salah = -1, kosong = 0, So.. bijaklah dalam menjawab soal TPA, kalau nggak yakin jangan di paksain.

Buat soal bahasa inggris jangan khawatir, karena soal bahasa inggris nggak ada sistim penilaian Salah minus kek soal TPA diatas yang aku dah sebutin.. so.. jawab aja semuanya kali aja beruntung jawabannya bener, but…. Jangan ngasal juga jawabnya yaaa

Wawancara

Untuk Prodi Ilmu Biomedik kebetulan ada tes wawancaranya nih, kalau untuk prodi lain coba deh lihat persyaratannya lagi biar lebih jelasnya. Waktu itu tes wawancaranya di kampus UI Salemba di Jakarta pusat tanggal 29 November 2017. Jangan lupa sering-sering buka e-mail kamu yaa.. karena infonya dikirim via e-mail. Untuk tes wawancara yang perlu kalian siapin mental itu dah pasti + jangan lupa pake pakaian yang rapi yaa..

Penting nih buat referensi kalian yang mau tes wawancara, ada beberapa pertanyaan yang pastinya tiap calonnya beda-beda, but.. intinya sama ajasih. Kalau aku waktu itu di tanyain soal judul skripsi ku, terus motivasi ku buat kuliah di UI & kenapa ambil Prodi Ilmu biomedik – Mikrobiologi. Terus kalau dah kelar mau kerja dimana.. kek ngobrol biasa sih sebenernya, tapi tetep aja rasanya deg-deg serrrrrrrr πŸ˜€

Tips nih, jawab semua pertanyaannya, jangan grogi, usahakan calm gitu. Materi yang ditanyakan sebenernya hanya seputar motivasi, biaya, cara membagi waktu, komitmen untuk menyelesaikan kuliah, jangan lupa sama judul skripsi mu yaa, sama kadang di tanyaain soal penelitian selanjutnya pengen ambil judul penelitian (Thesis) apa..

Pengumuman

Hari yang di tunggu-tunggu nih, jadi waktu itu pengumumannya jam 10:00 tanggal 11 Desember 2017

Hasil seleksi

Well.. itu review pengalaman aku tentang tes SIMAK UI Pascasarjana Prodi Ilmu Biomedik – Mikrobiologi. Semoga bermanfaat & bisa jadi referensi kalian juga buat yang mau daftar di kampus UI. Semangat & jangan pernah menyerah sebelum mencoba.

Source Image : Okezone News

26 thoughts on “Pengalaman Tes SIMAK UI Pascasarjana Prodi Ilmu Biomedik-Mikrobiologi 2017/2

  1. Ka, saya mau nanya kegiatan maba magister ui setelah daftar ulang apa aja ya ka? Apa setelah itu tinggal nunggu kegiatan akademik saja atau ada kegiatan lain sebelum kegiatan perkuliahan dimulai? Terima kasih, kaa.. Kalo ada kontak email kaka, mungkin saya bisa tanya lebih banyaak..

    Liked by 1 person

    1. helloothia@gmail.com πŸ‘ˆ ini email saya kak. Untuk kegiatannya sebelum akademik ada kak. Itu program induksi namanya. Semacam pengenalan kampus dll. Seingat saya ada email yang nanti di kirim dr kampus UI. Tnggu aja emailnya kak..

      Liked by 1 person

  2. Assalamualaikum kak, adakah alamat email yg aktif atau nomor whatsapp yg bisa saya hubungi? Saya ingin bertanya lebih lanjut mengenai matrikulasi. Saya sudah mencoba beberapa kali email ke sulasthia95@gmail.com , namun selalu gagal dikarenakan kotak masuk email kk penuh. Terimakasih

    Liked by 1 person

  3. Hai ka, terimakasih sudah menulis ini, skrang sy jdi percaya diri lagi klau D4 bisa lanjut S2 bahkan setingkay ui, sy jga lihat dipostingan sebelumnya kalau kakak keterima di unair juga ya? Sblum mendaftar apakah kakak ada pengalaman bekerja dulu? Terimakasih kak

    Liked by 1 person

    1. Hai anggi.. Terimakasih juga sudah membaca tulisanku. Iya betul, saya diterima di 3 prodi berbeda di UI dan Unair. Untuk pengalaman kerja, kebetulan saya sama sekali belum pernah bekerja.

      Liked by 1 person

    1. Hai septiva terimakasih sudah bertanya. Aku coba jawab ya, setauku Univ yg nerima dengan matrikulasi itu ada di Unair prodi S2 Imunologi sama S2 Ilmu Kedokteran dasar. Tapi untuk lebih jlasnya lagi harus baca informasinya di Web resmi Unair. Untuk Univ lain aku belum tau sih. Untuk lihat pendaftaran dll di Unair bisa lihat postingan aku tentang S2 Imunologi & Ilmu forensik. Semoga bisa menjawab pertanyaanmu ya.

      Liked by 1 person

  4. Hai kak, aku adalah orang yg sedang dilema mau masuk jurusan apa. Mau tanya beberapa hal kak. Waktu wawancaranya pake bahasa indo atau inggris kak? Kira2 kalau masuk ke ilmu biomedis dari jurusan fisika bisa ngga ya kak?

    Liked by 1 person

  5. kak mau bertanya, jadi saya dari s1 biologi dan ingin lanjut di s2 ilmu biomedik namun topik skripsi yg saya ambil tidak berkaitan dengan ilmu biomedik (saya ambil bidang peminatan fisiologi tumbuhan), apakah hal itu akan mempengaruhi saat tes wawancara kak? terimakasih sebelumnya.

    Liked by 1 person

    1. Hai balqis, salam kenal. Kalau menurutku mempengaruhi iya, karena biasanya di tanya” soal skripsi kita. Tapi gak masalah sih, semua tergantung jawaban kamu jg. Kalau misal skripsi kamu gak relate gak masalah menurutku, asal ide kamu buat thesis relate sama peminatan yg mau kamu ambil.

      Liked by 1 person

    1. Ini maksudanya S2 Ilmu biomedik dengan peminatan imunologi ya? Soalnya kalau S2 Imunologi saya kurang paham. Untuk biaya pendaftaran bisa dicek langsung di web karena bisa berubah” https://penerimaan.ui.ac.id/period/index/2802

      Untuk biaya bisa dilihat di web ini
      https://www.ui.ac.id/pengantar-pendaftaran/biaya-pendidikan.html

      Soal biaya lain” aku kurang tau sih, mungkin bisa ditanyakan langsung ke email humas-ui@ui.ac.id

      Semoga menjawab pertanyaanmu ~

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s